banner 728x90

Pra Launching Hari Jadi Sumenep, Mengambil Replika Kapal Keliling Dunia Abad ke 13

Pra Launching Hari Jadi Sumenep, Mengambil Replika Kapal Keliling Dunia Abad ke 13


SUMENEP, (Transmadura.com) – Konser masa kejayaan yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, meriahkan Pra Launching Logo Hari Jadi Sumenep ke-755 tahun 2024, pada Sabtu malam, (20/5/2023) lalu

Ribuan masyarakat Sumenep memadati kegiatan yang dipusatkan di Taman Bunga kabupaten setempat, yang mendatangkan artis ibu kota asal Sumenep, Irwan DA.

Kegiatan Pra Launching Logo Hari Jadi Sumenep ke-755 tahun 2024 dengan mengusung tema ‘Sumenep Pentahelix’ ini dihadiri Forkopimda Kabupaten Sumenep, Bupati Sumenep Ach. Fauzi, Sekda Kabupaten, Ir. Edy Rasyadi, Kepala Disbudporapar, Moh. Iksan dan sejumlah Kepala OPD Kabupaten Sumenep.

“Acara yang kita gelar malam ini dalam rangka menggelorakan rangkaian kalender even 2023. Sekaligus pra launching logo Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-755 tahun 2024,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudporapar) Sumenep, Moh. Iksan saat memberikan sambutan.

Iksan juga menjelaskan, bahwa logo hari jadi Kabupaten Sumenep yang ke 755 tahun 2024 dengan tagline ‘Masa Kejayaan’ diambil dari replika kapal yang sudah keliling dunia yang dibuat di abad ke 13 tepatnya di Pantai Slopeng, Sumenep.

Baca Juga :   KPK Periksa Oknum Kades di Sumenep

“Warga Sumenep patut bangga karena ketua tukang nya dari Sumenep asli, yang bernama Sapardi,” ujarnya.

Iksan melanjutkan, untuk anggaran dalam pembuatan kapal ini, tidak diambil dari APBN atau APBD melainkan dari pengusaha Jepang.

“Panjang Kapal 20 meter dengan lebar 4,5 meter yang dibuat dari bahan kayu jati tua dari Kabupaten Tuban,” paparnya.

Sedangkan Anak Buah Kapal (ABK) sebagian diambil dari warga Sumenep asli sebanyak 5 orang asal Kepulauan Sapeken.

Sementara Sekretaris Tim Perumus dan pembuat logo Hari Jadi Sumenep ke-755, Ibnu Hajar menyampaikan, pembuatan logo perahu pada Hari Jadi Sumenep tahun 2024 mengacu pada Spirit Of Majapahit.

“Perahu itu dibuat di Pantai Slopeng Sumenep, itulah yang menjadi alasan tim,” kata Ibnu.

Menurut Tim yang dibentuk oleh Bupati Sumenep dengan Surat Keputusan Bupati Sumenep Nomor 188/168/KEP/435.013/2023 tentang Tim Perumus dan Pembuat Logo Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke – 755 Tahun 2024 tertanggal 19 Mei 2023 bahwa tagline tersebut, sebagaimana arahan dari bapak bupati dengan mengusung Sumenep Pentahelix.

Baca Juga :   Sebanyak 79 Anak Mendapat Imunisasi Polio di Desa Langsar Saronggi

Dalam logo perahu tersebut terdapat berapa warna yang mempunyai makna filosofis bertujuan untuk membangun Sumenep secara kolektif.

“Artinya membangun Sumenep secara kolektif dari berbagai unsur. Itulah yang menjadi dasar logo perahu dijadikan sebagai logo Hari jadi tahun 2024,” ujar lelaki berkacamata ini.

Yang dimaksud Pentahelix adalah kolaborasi 5 (Lima Unsur) unsur subjek atau stakeholder pariwisata, Yaitu: Academician (Akademisi), Business (Bisnis), Community (Komunitas), Government (Pemerintah) dan Media (Publikasi Media).

Perahu tersebut kata Ibnu, dibuat di Pantai Slopeng tahun 2010 oleh masyarakat Slopeng untuk mengelilingi delapan negara dunia.

“Meskipun tanpa biaya APBN namun karena kepedulian para pengusaha Jepang tergabung dalam Japan Majapahit asosiation (JMP), saat itu urunan untuk membuat perahu tersebut,” tutupnya.

(*)