Tak Berkategori  

Darul Hasyim Fath: Peran BPD Harus Maksimal

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumenep saat memberikan materi pada acara materi wawasan kebangsaan pada acara sosialisasi yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol)

SUMENEP, (Transmadura.com) –
Proses peningkatan pembangunan di Desa demi kemajuan dalam pelaksanaan kegiatan yang tepat sasaran, tepat guna, dan tepat waktu, peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sangat penting.

Pasalnya, keterlibatan BPD harus betul betul difungsikan, peranannya harus maksimal sebagai bagian dari pemerintah desa.

“BPD sebagai lembaga perwakilan berfungsi melakukan legislasi dan pengawasan di tingkat desa,” kata Ketua Komisi I DPRD Sumenep Darul Hasyim Fath usai memberikan materi seminar Dialog dan Ke-BPD-an, Kamis (27/01/2022) kemarin.

Dalam dialog seminar di Universita Bahauddin, Sumenep, Madura, Jawa Timur, politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan, bahwa
peranannya BPD menjadi penting. Sebab salah satunya melalukan redistribusi keadilan bagi rakyat yang berdaulat dan harus dilakukan dari berbagai sektor pembangunan di desa. “Hal ini biar lebih dirasa nyata oleh masyarakat yang memang mengharapkannya,” ungkapnya.

Sehingga, menurut Darul, rasa keadilan dalam distribusi pembangunan itu, harus dilakukan untuk memberikan absurditas demokrasi yang kerap berdampak pada kehilangan keyakinan rakyat untuk berdaulat. “BPD harus mampu menjaga hak yang seharusnya di dapatkan,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Mantan aktifis Jogyakarta ini meminta peran serta BPD harus lebih ditingkatkan yang saat ini sangat dibutuhkan Reaktualisi peran sebagai bagian dari pesan suci demokrasi yang sesungguhnya. “Reaktualisasi ini menjadi penting, untuk masyarakat desa,” tutupnya.

(Asm/red)