Tak Berkategori  

Dampingi Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Babinsa Kalianget Sampaikan Pentingnya Vaksinasi

SUMENEP, (Transmadura.com) – Program vaksinasi Covid-19 diklaim sangat penting sebab memiliki banyak manfaat. Sebagai perlindungan lebih, hendaknya semua orangtua mewajibkan si buah hati mengikuti program vaksinasi.

Seperti yang saat ini pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SDN Karanganyar 1, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep. Sabtu (19/3/2022).

Babinsa Koramil 0827/02 Kalianget Koptu Hendra mengatakan bahwa manfaat vaksin tak hanya untuk tubuh anak sendiri, tetapi juga untuk keluarga terdekat dan lingkungan di sekitarnya.

Terlebih, mengingat anak juga bisa terpapar virus SARS-CoV-2 dan menularkan ke seluruh anggota rumahnya meski anak sendiri tak bergejala apapun.

Di sela pendampingannya Koptu Hendra menyampaikan beberapa manfaat vaksinasi kepada anak anak yang sedang vaksin diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh spesifik anak terhadap infeksi Covid-19, memperkecil peluang transmisi penularan penyakit Covid-19 dari anak ke orangtua, keluarga, ataupun lingkungan di sekitar anak dan mempercepat timbulnya herd immunity atau kekebalan komunal.

“Dengan vaksinasi, anak anak sudah mendapatkan kekebalan komunal diharapkan anak tidak mudah terpapar covid-19,” ujarnya.

Pada saat itu juga Babinsa Koptu Hendra menghimbau agar anak anak yang hendak divaskin agar terlebih dahulu makan pagi.

“Prinsipnya, ketika divaksinasi anak dalam kondisi sehat dan sudah kemasukan makanan atau makan pagi dan makan siang,” pungkasnya.

Pada pelaksanaan vaksinasi kali ini menggunakan vaksin jenis sinovac dosis satu.

“Untuk anak yang baru saja mendapatkan vaksin jenis sinovac dosis satu, lanjut dia, idealnya melakukan vaksinasi Covid-19 dengan jarak minimal dua minggu lamanya untuk ke dosis dua,” tutup Babinsa Koptu Hendra.

(Pendim0827)