banner 728x90

Babinsa 08 Ganding Bantu Petani Lakukan Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Jagung


SUMENEP, (Transmadura.com)  – Perawatan tanaman jagung sangat penting dilakukan untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman yang optimal.

Perawatan dan pemeliharaan ini mulai dilakukan, sejak tanaman jagung masih dalam fase bibit hingga mencapai dewasa.

Untuk menghasilkan jagung yang berkualitas baik, diperlukan perawatan dan pemeliharaan tanaman setelah bibit ditanam.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0827/08 Ganding Serda Trio Mustofa membantu petani melakukan penyulaman milik bapak Kisah Hariyanto warga Desa Bataal Timur, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep. Minggu (11/12/2022).

Pihaknya sebelumnya melakukan pengecekan tanaman jagung yang ditanam kurang lebih 4 minggu setelah bibit ditanam.

Serda Trio Mustofa mengatakan bahwa hal ini dimaksudkan untuk melihat apakah bibit yang ditanam tumbuh dalam keadaan normal atau tidak.

Baca Juga :   Anjuran Tehnis, Ubinan Padi Inpari 42 Desa Lalangon Produksi Meningkat

Jika pada saat pengecekan ditemukan bibit jagung yang tidak tumbuh atau mengalami kerusakan maka perlu dilakukan penanaman ulang (penyulaman).

“Hari ini kami melakukan penyulaman jagung, karena sebelumnya terkena banjir akibat hujan deras, ini dilakukan secepatnya agar perbedaan antartanaman tidak ketara,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyiangan. Penyiangan sendiri merupakan proses pembersihan tanaman dari gulma, hama, maupun parasit yang dapat mengganggu pertumbuhan jagung yang ditanam.

“Kami juga melakukan penyiangan pertama, ini dilakukan saat tanaman sudah berumur empat minggu, dengan harapan jagung tumbuh dengan subur, tidak terganggu dengan gulma, hama maupun parasit,” ungkap Serda Trio Mustofa.

 

(Pendim0827)