Tak Berkategori  

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 084 Resmikan Posbindu PTM Kodim 0827 Sumenep

SUMENEP, (TransMadura.com) – Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 084 PD V/Brawijaya Ny. Tutik Herman Hidayat meresmikan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu-PTM) dan didampingi Ketua Persit KCK Cabang XLVI Dim 0827, Ny. Yuliana Nur Cholis, yang berlangsung di Kantor Persit Kodim 0827/Sumenep Jl. Ksatrian, No. 1, Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep. Jum’at (12/11/2021)

Posbindu PTM Kodim 0827/Sumenep merupakan upaya dan sarana dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan serta pengendalian kesehatan masyarakat terhadap risiko penyakit tidak menular yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan berkala.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 084 PD V/Brawijaya Ny. Tutik Herman Hidayat dalam sambutanya, Kunjungan ini dalam rangka meresmikan Pos Bindu PTM yang ada di satuan jajaran Korem 084/BJ sebagai tindak lanjut penganangan Pos Bindu PTM yang digagas oleh Ketua Umum Pusat Persit KCK Ibu Hety Andika Perkasa yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM).

“Jadi yang perlu diingat dalam penangulangan PTM adalah dengan langkah ‘CERDIK’ yaitu Cek kesehatan secara berkala, hindari asap rokok, Rajin beraktifitas fisik, Diet yang baik dan seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stres,” ujarnya

Ia mengungkapkan sasaran mencakup semua masyarakat usia 15 tahun keatas baik itu dalam kondisi sehat, masyarakat berisiko maupun masyarakat dengan kasus PTM yang sering tidak terdeteksi karena tidak ada Gejala atau keluhan seperti Hipertensi, Diabetes maupun Gangguan jiwa sehingga perlu terhindar dari kecacatan atau kematian dini.

“Saya minta kepada Ibu-ibu semua agar mengajak keluarga untuk memeriksa sejak dini, dan kami tekankan agar setiap melaksanakan kegiatan Posbindu PTM ini dapat mengedepankan disiplin Protkes di masa Pandemi Covid 19 saat ini” pungkasnya

Sementara itu Ketua Persit KCK Cabang XLVI Dim 0827 Ny. Yuliana Nur Cholis menuturkan bahwa dengan diresmikannya Posbindu PTM ini untuk untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM).

“Alhamdulilah, akhirnya pendirian Posbindu PTM terwujud, semoga dapat memberikan manfaat. Dengan harapan meningkatkan peran kita dalam pencegahan serta penemuan dini faktor resiko PTM, melalui pos Bindu PTM dapat segera mungkin dapat dilakukan pencegahan adanya faktor resiko PTM” paparnya

Setelah meresmikan Posbindu PTM Kodim 0827/Sumenep, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 084 PD V/Brawijaya Ny. Tutik Herman Hidayat melakukan peresmian dan penandatanganan Posbindu dilanjutkan peninjauan kegiatan yang dilaksanakan oleh kader kesehatan di Posbindu diantaranya wawancara terarah guna mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular, pengukuran berat badan tinggi badan lingkar perut, tes darah (Kolseterol dan gula Darah) dan pemeriksaan tekanan darah serta penyuluhan.

Kegiatan peresmian tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Korem 084 PD V Brawijaya Ny. Erwin Setiawan, Ibu Kasipers Korem 084/BJ, Ibu Kasilog Korem 084/BJ, Ibu Ketua Persit Kodim 0816/ Sidoarjo, Ibu Ketua Persit Kodim 0817/ Gresik, Pengurus dan anggota Persit KCK Cabang XLVI Dim 0827, Dokter Poskesdim 0827 dr. Fatimatul Insaniah M.Kes dan Perawat Poskes Kodim 0827/Sumenep.

(Pendim0827)