banner 728x90

Babinsa Ganding Bantu Panen Jagung Silase di Bataal Timur, Hasil Hingga 2,840 Ton 

Babinsa Ganding Bantu Panen Jagung Silase di Bataal Timur, Hasil Hingga 2,840 Ton 


SUMENEP, (Transmadura.com) – Memasuki hari ke 80 petani di Desa Bataal Timur Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep kini mulai memanen jagung silase dibantu oleh para Babinsa Koramil 0827/08 Ganding.

Panen jagung silase tersebut di lahan milik Kis Hariyanto seluas 0,324 hektar mencapai 2 ton 840 kg. Minggu (5/2/2023).

Diketahui untuk varietas jagung tersebut menggunakan bibit jagung pertiwi 3 dengan masa panen usia pendek yakni 80 hari.

Babinsa Koramil 0827/08 Ganding Serda Trio Mustofa mengatakan bahwa pihaknya bersama babinsa lainnya membantu petani memanen jagung silase seluas 0,324 hektar.

“Hari ini kami bantu petani panen jagung, alhamdulillah dapat 2 ton 840 kg,” ujarnya.

Pihaknya mengatakan pemanenan tersebut harusnya dipanen seluas 1 hektar akan tetapi sebelumnya terkendala lahan terendam air karena hujan, sehingga pemanenan sebelumnya dilakukan lebih awal.

Baca Juga :   Jaga Objek Wisata Tectona, Babinsa Pastikan Aman dan Kondusif

Serda Trio berujar jika pemananen dalam 1 hektarnya, target panen untuk jagung silase bisa mencapai 40 ton.

“Sebelumnya kita bantu panen lebih awal, itu dikarenakan kondisi jagung yang menguning, karena terendam air, dan hari ini kita bantu panen sisanya dan capai 2 ton lebih,” paparnya.

Ia optimis bila para petani serius menanam jagung dengan pengolahan yang benar maka pendapatan petani lebih meningkat dan kesejahteraan semakin baik pula.

“Kami disini mengupayakan mencari solusi dengan membuatkan parit atau pembuangan air, harapannya jika terjadi hujan terus menerus, lahan tidak akan terendam sehingga hasil panen jagung bisa maksimal,” tutupnya.