Home / SUMENEP / Seperti Inilah Babinsa Lenteng Beri Pemahaman Penggemburan Tanah

Seperti Inilah Babinsa Lenteng Beri Pemahaman Penggemburan Tanah

SUMENEP, (TransMadura.com) – Pada dasarnya budidaya pertanian maupun perkebunan membutuhkan lahan yang subur dan juga gembur. Sehingga dengan menanam tanaman dilahan subur dan gembur akan membuahkan hasil yang benar-benar memuaskan,”ungkap Sertu Juli saat berdialog di landang milik Pak Abd Latif”.

Salah satu cara ampuh menyuburkan tanah adalah melakukan penggemburan dengan cara membolak balikkan tanah dengan menggunakan cangkul maupun traktor. Lakukan terus secara continue sampai tekstur tanah benar-benar gembur dan mudah dicangkul.

“Perlu anda ketahui bahwa manfaat menggemburkan tanah ini dapat membuat tekstur tanah menjadi lebih lunak dan memudahkan akar tanaman berkembang dengan baik,” imbuh Babinsa Ellak Daya”.

Percakapan tersebut berlangsung di areah lahan ladang milik warga binaan atas nama Abd. Latif yang lahannya berlokasi di di Dusun Bates Timur Desa Ellak Daya Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Madura-Jawa Timur. Rabu, (5/12/2018).

Kegiatan pendampingan pertanian oleh Babinsa di desa binaannya merupakan bagian tugas pokok Bintara Pembina Desa dalam melaksanakan tugas pembinaan wilayah guna meningkatkan program swasembada pangan.

“Wilayah teritorial saya sekarang sudah mulai memasuki musim tanam baik maupun padi. Dan kami bersama petani sudah saat ini sedang menyiapkan setelah itu kita lakukan bercocok tanam,” ungkap Babinsa Sertu Juli Teguh Santoso.

Di kesempatan itu, Abd. Latif pemilik lahan sangat senang adanya pendampingan pengolahan tanah guna untuk ditanami jagung dengan dibantu oleh Babinsa Kodim 0827/05 Lenteng.

“Ini sangat membantu sekali, karena Babinsa Sertu Juli Teguh selain memberikan penyuluhan juga secara langsung memberikan bantuan tenaga,” ujar Abd. Latif.

Kami berharap, pendampingan seperti ini terus dilakukan oleh Babinsa karena sangat mendukung terhadap petani kecil seperti saya ini,”pungkasnya. (Ratman/Red)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*