Home / SUMENEP / Babinsa Koramil Bluto Mendampingi Imunisasi Ori-Difteri

Babinsa Koramil Bluto Mendampingi Imunisasi Ori-Difteri

SUMENEP, (TransMadura.com) – Pada kesempatan saat ini, Puskesmas Kecamatan Bluto wilayah binaan Koramil 0827/04 laksanakan imunisasi Ori-difteri dengan didampngi anggota Babinsa yang bertempat di SMAN 1 Bluto Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Madura-Jawa Timur. Kamis, (8/11/2018).

Beberapa anggota Babinsa, oleh Komandan Koramil (Danramil) Kapten Inf. Galang Prayitno diterjunkan untuk mendampingi pelaksanaan kegiatan imunisasi Ori-difteri yang diselenggarakan oleh pihak Puskesmas Kecamatan Bluto. Beberapa Babinsa diantaranya;
Sertu Moh Saleh, Babinsa Sertu Amirul Sidiq dan Babinsa Koptu Sarwo Edy sedangkan dari anggota Bhabinkamtibmas Aiptu Sudarsono.

Ibu Yuswania AM Keb, anggota Puskesmas Kecamatan Bluto menyampaikan, bahwa penyakit disebabkan infeksi bakteri Corynebacterium Diptheriae yang dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti sumbatan saluran nafas serta peradangan pada otot jantung bahkan kematian.

“Adapun gejalanya antara lain demam 38℃, sakit menelan, selaput putih keabu-abuan di tenggorokan, leher membengkak dan sesak nafas disertai suara mengorok,” ungkap Yuswania.

Selain itu, bakteri Corynebacterium diptheriae akan mengeluarkan racun difteri yang bisa membuat peradangan otot jantung dan akhirnya menyebabkan kematian. Pengobatannya yaitu rawat inap di ruangan isolasi, pemberian antibiotik, dan jika perlu diberikan anti racun difteri atau Anti Difteri Serum, “tutur Ibu Yuswania AM Keb”.

Diketahui oleh salah satu Babinsa Koramil 0827/04 Bluto sesuai data yang diperoleh bahwa jumlah siswa SMAN 1 Bluro yang melaksanakan imunisasi Ori-difteri sebanyak 259 orang pelajar. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.30 WIB.

Adapun anggota yang hadir dari Puskesmas Kecamatan Bluto antara lain;
1. Yuswania AM Keb
2. Rohmi Am S. Keb
3. Dianatul asfiah Amd Kep
4.Retno Amd. Keb
5.Sulastri Amd . Keb
6. Firman Amd. Kep
7. Adi Amd. Kep

Perlu diketahui, penyampian dari salah satu Babinsa yang memperoleh informasi dari pihak Puskesmas bahwasanya imunisasi Ori-difteri akan dilaksanakan sebanyak tiga putaran, dengan interval 0-1-6 bulan. ORI akan memberikan vaksin dengan ketentuan DPT-HB-Hib bagi usia 1 tahun sampai 5 thn, DT usia 5 tahun sampai 7 tahun, serta TD usia 7 tahun sampai 19 tahun. (Man/Red)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*